Cahya Aulia Achmad, mahasiswa
Departemen Teknologi Hasil Hutan
Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor













Kuliah Perilaku Konsumen  IKK233  Sep 2014-Jan 2015
Department of Family and Consumer Sciences, College of Human Ecology Bogor Agricultural University IPB

Dosen:
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc
Dr Ir Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. MD Djamaluddin, MSc
Ir. Retnaningsih, MS

Perilaku konsumen merupakan salah satu mata kuliah yang membahas dan Mempelajari proses pengambilan keputusan dalam memilih, membeli, menggunakan dan mengevaluasi barang dan jasa serta faktor-faktor (internal dan eksternal) yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan tersebut.
Sebagai bahan panduan dan penunjang mata kuliah, tersedia buku berupa textbook


Text Book:
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1. Jakarta: PT Ghalia Indonesia

Catatan Kuliah Pertama
Saya Cahya Aulia Achmad, salah satu Mahasiswi Departemen Hasil Hutan Institut Pertanian Bogor.
1 Sepetember 2014, tanggal dan waktu awal pertama kali saya mengikuti kuliah hasil pengambilan KRS A semester 5 sebagai pelengkap kuliah SC (Supporting Course). Awalnya saya merasa ragu untuk mengambil mata kuliah tersebut karena pada dasarnya ini adalah pertama kalinya saya mengambil mata kuliah SC yang notabenenya berasal dari luar fahutan, sehingga asumsinya terkesan sangat jomplang dan tidak cocok dengan dasar-dasar pengetahuan dan bidang yang saya geluti sejak awal. Namun, karena rutinitas sehari-hari kepepetnya mahasiswa yang khawatir tidak bisa mendapatkan SC dalam pengisian KRS online akibat kehabisan kuota, sehingga saya berfikir tertuju untuk mengambil mata kuliah perilaku konsumen tersebut, dengan pertimbangan hanya kuliah 3 SKS dan tanpa hafalan, ditambah lagi dengan kabar-kabar dari mahasiswa lain yang mudah untuk mendapatkan nilai A pada mata kuliah tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk mencobanya.
Hari pertama masuk saya merasa asing dengan mahasiswa-mahasiswa lain yang belum saya kenal, ini karena banyak pula mahasiswa dari berbagai fakultas berlainan yang juga tertarik mengambil mata kuliah ini. Dan ternyata terbukti setelah dosen memberikan kuliah dan menjelaskan tentang mata kuliah yang diampu, ternyata mata kuliah tersebut sangat menarik bagi saya, karena pada dasarnya perilaku konsumen merupakan salah satu mata kuliah yang selalu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, dimana dalam kehidupan kita sehari-hari selalu berperan sebagai konsumen. Dan dari sinilah mata kuliah tersebut menjelaskan mulai dari pentingnya kita menjadi konsumen yang berkualitas serta bagaimana cara kita memilih barang agar kita tidak kecewa dan terhindar dari promosi dan iklan menyesatkan atau mengelabui yang dilakukan oleh produsen hingga mengetahui proses pemasaran bagi yang kelak bercita-cita ingin menjadi seorang interpreneurship sejati. Oleh karena itu, bagi mahasiswa/mahasiswi lain yang sedang bingung mencari ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan hal di atas, mata kuliah ini sangat cocok untuk dipelajari



Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Experience : Melamar Frontliner BRI Kanca Ajibarang, Banyumas

My Puberty: Ceritaku menghilangkan jerawat (Larissa Skin Care)